Tugas Administrasi Pendidikan Luluk

Sabtu, 25 November 2017

TUGAS 7 - RKM dan RKAM

Salah satu  kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan adalah peningkatan  kualitas Sumber Daya Manusia dan mengembangkan otonomi Madrasah

Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) merupakan salah satu cara untuk mewujudkan  kebijakan tersebut. Perencanaan Madrasah  merupakan aspek kunci MBM. Hanya melalui perencanaan yang efektif, mutu peserta didik akan dapat ditingkatkan dan kewajiban untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun dapat tercapai , terutama untuk anak didik yang kurang mampu secara ekonomis. Sedangkan wahana untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDM) tersebut adalah pendidikan yang berkualitas.
Salah satu, manajemen yang harus tepat adalah manajemen keuangan yang menyangkut perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan. Perencanaan dituangkan dalam bentuk Program Kerja Madrasah yang di dalamnya memuat Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah, dan Rencana Kerja tahunan.
Rencana Kerja ini disusun untuk berdasar pada hasil Evaluasi Diri Madrasah dan dibandingkan dengan pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) hasil perbandingan ini dilakukan dengan Analisis Kesenjangan sehingga memunculkan program prioritas.
Program prioritas dirancang untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan di tahun ke 1. Program-program yang mencakup pengembangan kompetensi lulusan, pengembangan kurikulum, pengembangan pembelajaran, pengembangan penilaian, pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan, pengembangan sarana dan prasarana pendidikan, pengembangan budaya dan lingkungan, pengembangan karakter dan budi pekerti yang masing-masing dijadwalkan kegiatan-kegiatan yang menunjang visi, misi, dan tujuan Madrasah.
Rencana Kerja Madrasah ini disusun sebagai salah satu upaya agar secara berkelanjutan Madrasah ................. berusaha menjadi Madrasah yang memenuhi Standar Nasional. Usaha yang dimaksud meliputi perencanaan dalam kurun waktu 4 tahun ke depan dalam bentuk Rencana Kerja Madrasah (RKM). Selanjutnya perencanaan tersebut di pecah menjadi perencanaan atau sasaran yang akan dicapai setiap tahun dan pada akhirnya disusun kegiatan dalam kurun waktu satu tahun yaitu Rencana Kerja Tahunan.
Agar program kerja dalam 4 tahunan dapat diterapkan dengan baik, diawali dengan  evaluasi diri secara detail yaitu Evaluasi diri Madrasah (EDM),   Hasil EDM menjadi masukan penting pada penyusunan RKM ini karena berbentuk data empiris, sehingga diharapkan  RKM bisa diterapkan dengan baik dengan sesedikit mungkin adanya suatu hambatan. Terakhir yang tidak boleh diabaikan dalam penyusunan RKT yang merupakan pelaksanaan RKM dalam tahun tertentu adalah memperhatikan kemampuan keuangan. Karena keuangan terbatas, perlu diatur sehingga keuangan mencukupi dan rencana kerja dapat terlaksana sesuai kemampuan dana yang ada.
B.   Tujuan Penyusunan Rencana Kerja Madrasah
Tujuan disusunnya Rencana Kerja Madrasah Ibtidaiyah .................  adalah:
1.     Membantu  Madrasah  dalam membelanjakan anggaran untuk program kerja
2.     Madrasah secara efektif dan efesien  dalam pengelolaan program Madrasah.
3.     Membantu Madrasah dalam merespon tututan partisipasi  masyarakat dan membantu Madrasah  dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas

C.   Sasaran Rencana Kerja Madrasah
1.    Kepala Madrasah, sebagai acuan untuk melaksanakan program selama kurun waktu  4 tahun beserta jabarannya yaitu rencana kerja tahunan
2.    Para Pendidik dan Tenaga Kependidikan, agar mempunyai gambaran yang labih detail dalam melaksanakan tugas mengajar dan merealisasikan program yang ditugaskan kepadanya.
3.    Pengurus Komite Madrasah sebagai acuan untuk melakukan evaluasi kinerja Madrasah secara berkesinambungan

D.   Manfaat Penyusunan Rencana Kerja Madrasah
1.  Sebagai acuan bagi madrasah  untuk untuk mencapai target-target peningkatan kualitas pendidikan dalam kurun waktu tertentu.
2.  Dapat digunakan sebagai panduan bagi madrasah dalam memanfaatkan subsidi pendidikan baik yang berasal dari pemerintah maupun dari non pemerintah.
3.  Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan  dan pembelajaran.
4.  Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan dimadrasah
E.   Landasan hukum
1.  Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 (Pengelolaan dan pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
2.  Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan  pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun.
3.  Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang  Standar Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa madrasah membuat (1) Rencana Kerja Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan dan  (2) Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran madrasah (RKAS/M) dilaksanakan berdasarkan Rencana Kerja Jangka Menengah.
4.  Peraturan lain (yang dipandang perlu)

F.    Proses / Tahapan Penyusunan RKM
Proses /Tahapan penyusunan Rancana Kerja Madrasah (RKM) yang dijabarkan dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT) adalah sebagai berikut:
1.    Membentuk Tim Pengembang Madrasah yang setidaknya terdiri dari Kepala Madrasah (sebagai Ketua Tim), ketua Komite Madrasah, Pengurus Yayasan, Pengawas, perwakilan guru dan tokoh masyarakat yang peduli dengan Pendidikan.
2.    Melakukan evaluasi diri Madrasah dengan mengisi instrument  EDM
3.    Menentukan peta mutu madrasah dengan merangkum hasil capaian Evaluasi Diri Madrasah pada tiap standar
4.    Mengembangkan kondisi Madrasah yang diinginkan empat tahun yang akan dating dalam bentuk visi, misi dan tujuan Madrasah
5.    Melakukan analisis kesenjangan antara kondisi Madrasah saat ini dengan kondisi Madrasah yang diinginkan empat tahun akan datang.
6.    Menentukan sasaran Madrasah, yaitu pentahapan capaian yang diinginkan selama 4 tahun kedepan, sehingga kesenjangan pada langkah 5 dapat “tertutupi” setelah 4 tahun kedepan.
7.    Mengembangkan program, indikator kinerja, rencana kegiatan dan penanggung jawab program
8.    Mengembangkan rencana kerja tahunan Madrasah dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah


KONDISI MADRASAH MASA DEPAN YANG DIHARAPKAN

A.   Harapan Pemangku Kepentingan Madrasah dimasa Mendatang
1.       Madrasah mampu bersaing  khususnya lewat Input, Proses dan Out Put-nya
2.      Madrasah semakin diterima dan diminati keberadaannya oleh masyarakat
3.      Team Work diharapkan semakin Solid untuk memajukan Madrasah

B.   Visi Madrasah
Menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan yang bermutu dan berwawasan global menuju terbentuknya intelektual professional, beriman, bertaqwa dan berakhlaqul karimah.

C.   Misi
1.    Menghasilkan tamatan yang memiliki ketaqwaan yang tinggi kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap keharmonisan lingkungannya.
2.    Mencetak kader pemimpin ummat yang amanah dan berwawasan ilmiyah.
3.    membentuk jiwa mandiri berjiwa karimah.
4.    Menciptakan kondisi madrasah yang agamis
5.    Menciptakan lembaga pendidikan yang refresentatif dengan kultur budaya setempat.
D.   Tujuan Madrasah 4 Tahun ke Depan

Standar Pendidikan
Keadaan Madrasah saat ini (Tahun I)
Tujuan Madrasah
(tahun IV)
1.    Standar Isi
·           Kurikulum Madrasah kami belum dikembangkan berdasarkan 7 prinsip pengembangan kurikululum.
·           Kurikulum Madrasah kami belum direviu setiap tahun.
·           Kurikulum Madrasah kami belum  disosialisasikan kepada semua pemangku kepentingan Madrasah
·           Kurikulum Madrasah kami perlu dikembangkan berdasarkan 7 prinsip pengembangan kurikululum.
·           Kurikulum Madrasah kami perlu direviu setiap tahun.
·           Kurikulum Madrasah kami perlu disosialisasikan kepada semua pemangku kepentingan Madrasah
  • Kurikulum Madrasah kami sudah memuat matapelajaran Muatan Lokal.yaitu B. Madura.
  • Materi muatan lokal sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kebutuhan peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.

Madrasah kami perlu mempertahankan ketiga muatan lokal yang sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, peserta didik, dan kebutuhan pembelajan
·         Kurikulum Madrasah kami belum memuat program layanan percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.

·         Kurikulum Madrasah kami perlu memuat program layanan percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.

·         Madrasah kami belum menyusun program layanan konseling bagi peserta didik.
·         Madrasah kami belum memberikan/melaksanakan layanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
·         Madrasah kami belum memberikan layanan konseling bagi semua peserta didik.
·         Madrasah kami belum menindak lanjuti hasil bimbingan dan konseling.

·         Madrasah kami perlu menyusun program layanan konseling bagi peserta didik.
·         Madrasah kami perlu memberikan/melaksanakan layanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
·         Madrasah kami perlu memberikan layanan konseling bagi semua peserta didik.
·         Madrasah kami perlu menindak lanjuti hasil bimbingan dan konseling
·         Madrasah kami belum membuat penilaian kegiatan ekstra kurikuler

·         Madrasah kami perlumembuat penilaian kegiatan ekstra kurikuler



2.    Standar Proses
·         10 dari 13 guru diMadrasah kami belum membuat silabus yang sesuai SI,SKL, dan Panduan KTSP

·         10 dari 13 guru diMadrasah kami perlu membuat silabus yang sesuai SI,SKL, dan Panduan KTSP

·         10 dari 13 guru diMadrasah kami belum mengembangkan silabus secara mandiri/berkelompok
·         Semua guru (13 guru) belum meriviwe silabus setiap tahun.
·         10 dari 13 guru diMadrasah kami belum mengembangkan silabus secara mandiri/berkelompok
·         Semua guru (13 guru) belum meriviwe silabus setiap tahun.
·         Rencana Pelaksanaan Pembelajaran belum disusun maksimal 2 kali pertemuan.
·         Rencana Pelaksanaan Pembelajaran belum direviu untuk setiap tahun.
·       10 dari 13 gurubelummenyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk semua mata pelajaran yang diampu.

·         Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diMadrasah kami perlu disusun maksimal 2 kali pertemuan.
·         Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Madrasah kamiperlu direviu untuk setiap tahun
·         10 dari 13 guru  perlu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk semua mata pelajaran yang diampu.
·         Sebagian RPP diMadrasah kami belum memperhatikan tahap intelektual, kemampuan social, emosional, dan kecepatan belajar

·         Semua RPP diMadrasah kami perlu memperhatikan tahap intelektual, kemampuan social, emosional, dan kecepatan belajar

·         Madrasah kami belum menyediakan Buku Madrasah Elektronik (BSE) yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa.
·         Madrasah kami belum mempunyai buku pengayaan, referensi dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah.

·         Madrasah kami perlu menyediakan Buku Madrasah Elektronik (BSE) yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa.
·         Madrasah kami perlu mempunyai buku pengayaan, referensi dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah.

·         Tidak semua guru menggunakan referensi/ buku panduan lain .
·         Kurangnya akses dalam memilih referensi yang sesuai bahan ajar.


·         semua guru  perlu menggunakan referensi/ buku panduan lain .
·         Kurangnya akses dalam memilih referensi yang sesuai bahan ajar.

·         Sebagian  guru belum menggunakan multi metode yang sesuai dengan karakter topik / tema materi sehingga terjadi proses pembelajan yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.

·         Sebagian guru di Madrasah kami perlu menggunakan multi metode yang sesuai dengan karakter topik / tema materi sehingga terjadi proses pembelajan yang interaktif,inspiratif, menyenangkan,menantang, dan memotivasi peserta didik


·         Sebagian besar Para peserta didik belum memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan eksplorasidan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.

·         Sebagian besar Para peserta didik perlu memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.



Kepala Madrasah dan PPAI belum melakukan Supervisi pembelajaran dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi
·         Kepala Madrasah dan PPAI perlu melakukan Supervisi pembelajaran dengan cara pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi

·         Kepala Madrasahbelum melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran setiap bulan.
·         Kepala Madrasahbelum melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran secara terus menerus / berkelanjutan.

·         Kepala Madrasahperlu melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran setiap bulan.
·         Kepala Madrasahperlumelakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran secara terus menerus / berkelanjutan.

3.    Standar Kompetensi Lulusan
  • Pencapaian nilai rata-rata hasil ulangan peserta didik di Madrasah kami belum menunjukkan kenaikan.
·         Pencapaian prestasi akademik (rata-rata nilai ujian) peserta didik di Madrasah kami belum mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.
  • Pencapaian nilai rata-rata hasil ulangan peserta didik di Madrasah kami perlu menunjukkan kenaikan.
·         Pencapaian prestasi akademik (rata-rata nilai ujian) peserta didik di Madrasah kami belum mengalami kemajuan dari tahun ke tahun

·         Sebagian besar Peserta didik kami belum terlibat langsung untuk memperoleh pengalaman belajar melalui pembiasan untuk mencari informasi/pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar
·         Peserta didik kami belum terlibat dalam kegiatan belajar yang berkaitan dengan analisis dan pemecahan masalah-masalah komplek

·         Sebagian besar Peserta didik kami perlu terlibat langsung untuk memperoleh pengalaman belajar melalui pembiasan untuk mencari informasi/pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar
·         Peserta didik kami perlu terlibat dalam kegiatan belajar yang berkaitan dengan analisis dan pemecahan masalah-masalah komplek

       Peserta didik di Madrasah kami belum berpengalaman belajar pemanfaatan lingkungan secara produktif dan bertanggungjawab 
       Peserta didik di Madrasah kami belum berpengalaman belajar mengekspresikan diri (Pelaksanaan pekan bahasa, pentas seni-budaya, pameran lukisan, dan hasil karya).

       Peserta didik di Madrasah kami perlu berpengalaman belajar pemanfaatan lingkungan secara produktif dan bertanggungjawab 
       Peserta didik di Madrasah kami perlu berpengalaman belajar mengekspresikan diri (Pelaksanaan pekan bahasa, pentas seni-budaya, pameran lukisan, dan hasil karya).

       Madrasah kami belum menyusun program pengembangan kepribadian peserta didik.
       Madrasah kami belum menyediakan/menyelenggarakan kegiatan pengembangan kepribadian peserta didik .
       Semua peserta didik di Madrasah kami belummengikuti kegiatan pengembangan kepribadian  yang diselenggarakan oleh Madrasah.
      Semua peserta didik di Madrasah kami belumberkepribadian sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan Madrasah dan lingkungan masyarakat.
       Madrasah kami perlu menyusun program pengembangan kepribadian peserta didik.
       Madrasah kami perlu menyediakan/menyelenggarakan kegiatan pengembangan kepribadian peserta didik .
       Madrasah kami perlu memotivasi semua peserta didik untukmengikuti kegiatan pengembangan kepribadian  yang diselenggarakan oleh Madrasah.
      Madrasah kami perlu memotivasi semua peserta didikberkepribadian sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan Madrasah dan lingkungan masyarakat.

       Madrasah kami belummenyusun program pengembangan ketrampilan hidup.
       Madrasah kami belummenyediakan/menyelenggarakan kegiatan pengembangan ketrampilan hidup
       Semua peserta didik di Madrasah kami belummengikuti kegiatan pengembangan ketrampilan hidup yang sesuai dengan lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing.
      Semua peserta didik di Madrasah kami belumdapat mengembangkan ketrampilan hidup sesuai kebutuhan mereka masing-masing.
       Madrasah kami perlumenyusun program pengembangan ketrampilan hidup.
       Madrasah kami perlumenyediakan/menyelenggarakan kegiatan pengembangan ketrampilan hidup
       Madrasah kami perlu memotivasi semua peserta didik mengikuti kegiatan pengembangan ketrampilan hidup yang sesuai dengan lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing.
       Madrasah kami perlu memotivasi semua peserta didikdapat mengembangkan ketrampilan hidup sesuai kebutuhan mereka masing-masing.

·         Semua peserta didik di Madrasah kamisudahmengamalkan ajaran agama sesuai dengan agama yang mereka ikuti.
·         Semua peserta didik di Madrasah kami sudahberperilaku sesuai dengan adatistiadat yang berlaku di lingkungan mereka.
·         Semua peserta didik di Madrasah kami sudahmematuhi norma/aturan yang berlaku di Madrasah maupun di masyarakat dimana mereka tinggal.

Madrasah kami perlu mempertahankan semua peserta didik yang sudah mengembangkan ajaran agama, adat istiadat, dan norma/ aturan yang belaku di madrasah






4.    Standar pendidik
dan tenaga pendidikan
·         Madrasah kami sudahmemiliki 13 guru  dari 6jumlah rombel
·         Madrasah kami sudahmemiliki 6 guru Pendidikan Agama
·         Madrasah kami sudahmemiliki 1 guru Olah raga

Madrasah kami perlu mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme guru
·         Madrasah Kami belummemiliki Penjaga Madrasah.
·         Madrasah kami belummemiliki petugasruang UKS.

·         Madrasah kami perlumengusulkan  Penjaga Madrasah kepada ketua yayasan
·         Madrasah kami perlu mengusulkan petugasruang UKS kepada kepala madrasah

Kualifikasi  Guru – Guru kami adalah :
·         Semua guru ( 2 guru )belumberpendidikan S-1/D-IV.
·         Semua guru (2 guru )belummemiliki sertfikat pendidik.
Kualifikasi  Guru Pendidikan Agama  :
·         Guru Pendidikan Agama belum  memiliki sertifikat pendidik.
Kualifikasi  Guru Pendidikan Agama  :
·         1 Guru Pendidikan Agama belum berpendidikan S-1/D-IV Bidang Pendidikan Agama.
Kualifikasi  Guru Olahraga  :
·         Guru Olahragabelum  memiliki  sertifikat pendidik

·         Madrasah kami perlu memotivasi 2 orang guru agarberpendidikan S-1/D-IV.
·         Madrasah kami perlu memotivasi 2 orang guru agarmemiliki sertfikat pendidik
·         Madrasah kami perlu memotivasi 2 orang  Guru Pendidikan Agama agar berpendidikan S-1/D-IV Bidang Pendidikan Agama
·         Madrasah kami perlu memotivasi 1 orang Guru Olahraga agar berpendidikan S-1/D-4 Bidang Olahraga.
·         Madrasah kami perlu memotivasi Guru Agama  agar memiliki sertifikat pendidik.
Madrasah kami perlu memotivasi Guru Olahraga agar memiliki sertifikat pendidik.
Kualifikasi Petugas penjaga MadrasahMadrasah kami :
·         Madrasah kami tidak memiliki penjaga Madrasah
Kualifikasi Petugas Laboratorium IPA Madrasah kami :
·         Madrasah kami tidak memiliki Petugas ruang UKS

Kualifikasi Petugas penjaga MadrasahMadrasah kami :
·         Madrasah kami perlu memiliki penjaga Madrasah
Kualifikasi Petugas Laboratorium IPA Madrasah kami :
·         Madrasah kami perlu memiliki Petugas ruang UKS

Kompetensi Kepala Madrasah
·         Kepala Madrasah belummemenuhi standar kompetensi manajerial

·         Kepala Madrasah di Madrasah kamiperlumemenuhi standar kompetensi manajerial

Kompetensi tenaga Kependidikan :
·         Kepala perpustakaan belum memenuhi kompetensi menejerial dan pengembangan profesi
·         Madrasah kami tidak memiliki penjaga Madrasah

Kompetensi tenaga Kependidikan :
·         Kepala perpustakaan perlu memenuhi komtensi menejerial dan pengembangan profesi
·         Madrasah kami perlu memiliki penjaga Madrasah

5.    Standar Sarana dan Prasana

Lahan Madrasah.

·          luas lahan madrasah kami belum memenuhi ukuran standart terhadap peserta didik 




Bangunan Gedung
·         Madrasah kami belum Dilengkapi instalasi listrik dengan daya  450 watt
·         Bangunan gedung di Madrasah kami tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan IMB

 Sarana dan Prasarana :
Ruang Kelas :
·         Sarana ruang kelas belum lengkap





Ruang Pimpinan  :
·         Madrasah kami belum memiliki Ruang Pimpinan dan computer LCD proyektor, printer scanner,kamera digital, lemari akreditasi,kipas angin


Ruang perpuspustakaan
·         Madrasah kami belum memenuhi ruang perpustakaan yang sesuai dengan standart


Ruang UKS  :
·         Ruang UKS yang  tidak sesuai standart
·       Sarana dan prasarana UKS tidak lengkap
Tempat Bermain / Olahraga :
·      Luas tempat bermain / olahraga belum memenuhi standart

·      Madrasah kami belum memenuhi Sarana Tempat Bermain / Olahraga yang memenuhi standart



Lahan Madrasah.

·         luas lahan madrasah kami perlu memenuhi ukuran standart terhadap peserta didik 




Bangunan Gedung
·         Madrasah kami perlu Dilengkapi instalasi listrik dengan daya  450 watt
·         Bangunan gedung di Madrasah kami  memiliki Ijin Mendirikan Bangunan IMB

Sarana dan Prasarana :
Ruang Kelas :
·         Sarana ruang kelas perlu tersedia :
Kursi peserta didik, meja peserta didik, meja baca, papan pajang, jam dinding,lemari, papan kreatif.
Ruang Pimpinan  :
·         Madrasah kami perlu mengusulkan Ruang Pimpinan dan computer LCD proyektor, printer scanner,kamera digital, lemari akreditasi,kipas angin
Ruang Perpustakaan :
·         Madrasah kami perlu mengusulkan Ruang Perpustakaan agar memenuhi standart

Ruang UKS  :
·   Madrasah kami perlu mengusulkanrenovasi Ruang UKS

·   Madrasah perlu mengsulkan sarana dan prasarana UKS: kasur lipat, bantal, timbangan, karpet.
Tempat Bermain / Olahraga :
·      Madrasah kami perlu mengoptimalkan Luas tempat bermain / olahraga  252  m2
·      Madrasah kami perlu mengusahakan sarana Tempat Bermain / Olahraga : pengeras suara 1 buah / Madrasah.

Jumlah peserta didik dalam setiap rombongan belajar belum memenuhi standart
Madrasah kami perlu meningkatkan Jumlah peserta didik dalam setiap rombongan belajar agar memenuhi standart
·         Di ruang perpustakaan : belum memadai
·         Sarana ruang perpustakaan kami belum memiliki rak buku, karpet, meja dan kursi petugas, papan pengumuman, buku referensi, buku non fiksi, buku fiksi

Laboratorium IPA :
sarana laboratorium IPA belum lengkap


Di ruang perpustakaan : belum memadai
·         Sarana ruang perpustakaan kami perlu memiliki rak buku, karpet, meja dan kursi petugas, papan pengumuman, buku referensi, buku non fiksi, buku fiksi


Laboratorium IPA :
·         Madrasah kami perlu mengusulkan sarana Laboratorium IPA berupa: peta, globe, kit matematika dan kerangka manusia

·         Madrasah kami belummemiliki program perbaikan / pemeliharaan sarana dan prasarana: kelas, toilet, kantin perpustakaan dan UKS.
·         Madrasah kami belummelaksanakan perbaikan / pemeliharaan sarana dan prasarana pada setiap 5 tahun.

·         Madrasah kami perlu mengusahakan program perbaikan / pemeliharaan sarana dan prasarana: kelas, toilet, kantin perpustakaan dan UKS.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanperbaikan / pemeliharaan sarana dan prasarana pada setiap 5 tahun.


Keamanan :
·         Madrasah kami belummemiliki sarana tempat cuci tangan


·         Madrasah kami belummemiliki tempat tempat sampah yang tertutup
Kenyamanan :
·         Bangunan gedung Madrasah kami belummemiliki sanitasi.

·         Bangunan gedung Madrasah kami belummampu meredam getaran dan kebisingan yang mengganggu proses pembelajaran.


·         Setiap ruangan di Madrasah kami belummemiliki temperatur dan kelembaban udara yang tidak melebihi kondisi di luar ruangan.



·         Madrasah kami belum memiliki taman

Keamanan :
·         Madrasah kami perlu memiliki sarana tempat cuci tangan: pralon dan sibel/pompa air.
·         Madrasah kami belummemiliki tempat tempat sampah yang tertutup
Kenyamanan :.
·         Madrasah kami perlu mengusahakan bangunan gedung Madrasah kami memiliki sanitasi.
·         Madrasah kami perlu mengusahakan bangunan gedung Madrasah kami mampu meredam getaran dan kebisingan yang mengganggu proses pembelajaran.
·         Madrasah kami perlu mengusahakan setiap ruangan di Madrasah kami memiliki temperatur dan kelembaban udara yang tidak melebihi kondisi di luar ruangan

·         Madrasah kami perlu memiliki taman






6.    Standar Pengelolaan
  • Madrasahkami belummensosialisasikan Visi dan Misi kepada orangtua peserta didik.
  • Madrasahkami belummensosialisasikan Visi dan Misi kepada masyarakat sekitar.
  • Madrasahkami belummerevieu Visi dan Misi secara berkala.
  • Madrasahkami perlu  mensosialisasikan Visi dan Misi kepada orang tua peserta didik.
  • Madrasahkami perlu mensosialisasikan Visi dan Misi kepada masyarakat sekitar.
  • Madrasahkami perlu merevieu Visi dan Misi secara berkala
·         Madrasah kami dalam menyusun rencana kerja belumbersama , Pendidik, Tenaga Kependidikan.
·         Rencana Kerja Madrasah (RKM) kami belumdijadikan dasar penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah..
·         Madrasah kami belummemajang Rencana Kerja Madrasah (RKM) dan RKAM di Ruang Guru dan di papan pengumuman Madrasah.
·         RKM Madrasah kami belum menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi,keterbukaan dan akuntabilitas
·         Madrasah kami dalam menyusun rencana kerja perlu bersama , Pendidik, Tenaga Kependidikan.
·         Rencana Kerja Madrasah (RKM) kami perludijadikan dasar penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah..
·         Madrasah kami belummemajang Rencana Kerja Madrasah (RKM) dan RKAM di Ruang Guru dan di papan pengumuman Madrasah.
·         RKM Madrasah kami belum menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi,keterbukaan dan akuntabilitas
Tujuan Madrasah kami belumdirumuskan melalui rapat dewan pendidik dan komite Madrasah yang dipimpin oleh kepala Madrasah.
·         Madrasah kami perlu mengusahakan tujuan Madrasah dirumuskan melalui rapat dewan pendidik dan komite Madrasah yang dipimpin oleh kepala Madrasah.

·         Madrasah kami belummensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan Madrasah kepada semua warga Madrasah.
·         Madrasah kami belummensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan Madrasah kepada semua pihak yang berkepentingan.

·         Madrasah kami perlu mengusahakanmensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan Madrasah kepada semua warga Madrasah.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan Madrasah kepada semua pihak yang berkepentingan.

·         Madrasah kami belummemajang RKAM pada tempat-tempat yang strategis.
·         Madrasah kami belummensosialisasikan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah kepada semua warga Madrasah.
·         Madrasah kami belummelaporkan pelaksanaan RKAM kepada Dinas Pendidikan setiap akhir tahun pelajaran
·         Madrasah kamibelummelaporkan pelaksanaan RKAM kepada Komite Madrasah dan Orangtua peserta didik setiap akhir tahun pelajaran.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmemajang RKAM pada tempat-tempat yang strategis.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmensosialisasikan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah kepada semua warga Madrasah.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmelaporkan pelaksanaan RKAM kepada Dinas Pendidikan setiap akhir tahun pelajaran
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmelaporkan pelaksanaan RKAM kepada Komite Madrasah dan Orangtua peserta didik setiap akhir tahun pelajaran

·         Madrasah kami belummelakukan evaluasi diri terhadap kinerja Madrasah setiap akhir tahun.
·         Madrasah kamibelummelaksanakan evaluasi proses pembelajaran setiap akhir semester.
·         Madrasah kamibelummelaksanakan evaluasi program kerja tahunan / RKAS setiap akhir tahun.
·         Madrasah kami belummenganalisa terhadap hasil evaluasi .
·         Madrasah kami belum menyusun laporan hasil evaluasi diri Madrasah.
·         Madrasah kami belummenyusun skala prioritas kegiatan dan program tindak lanjut terhadap hasil evaluasi diri Madrasah.

·         Madrasah kami perlu mengusahakanmelakukan evaluasi diri terhadap kinerja Madrasahsetiap akhir tahun.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmelaksanakan evaluasi proses pembelajaran setiap akhir semester.
·         Madrasah kamiperlu mengusahakan melaksanakan evaluasi program kerja tahunan / RKAS setiap akhir tahun.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmenganalisa terhadap hasil evaluasi .
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmenyusun laporan hasil evaluasi diri Madrasah.
Madrasah kami perlu mengusahakanmenyusun skala prioritas kegiatan dan program tindak lanjut terhadap hasil evaluasi diri Madrasah.

·         Madrasah kami belum menyusun indikator keberhasilan kinerja proses pembelajaran.
·         Madrasah kami belum menyusun KKM untuk setiap mata pelajaran.
·         Madrasah kami belum mensosialisasikan indikator keberhasilan kinerja proses pembelajaran kepada segenap warga Madrasah.
·         Madrasah kami belummelakukan penilaian kinerja proses pembelajaran.
·         Madrasah kami belum melakukan penilaian keberhasilan proses pembelajaran /ketercapaian KKM.
·         Madrasah kami belum melakukan perbaikan kinerja proses pembelajaran..
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmenyusun indikator keberhasilan kinerja proses pembelajaran.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmenyusun KKM untuk setiap mata pelajaran.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmensosialisasikan indikator keberhasilan kinerja proses pembelajaran kepada segenap warga Madrasah.
·         Madrasah kami perlu mengusahakan melakukan penilaian kinerja proses pembelajaran.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmelakukan penilaian keberhasilan proses pembelajaran /ketercapaian KKM.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmelakukan perbaikan kinerja proses pembelajaran..



·           Madrasah kami belummemiliki program pengelolaan sistem informasi.
·          Madrasah kami belummengelola Sistim Informasi Manajemen Pendidikan.
·         Madrasah kami perlumemiliki program pengelolan sistem informasi.
·         Madrasah kami perlu mengelola Sistim Informasi Manajemen Pendidikan.

·         Madrasah kami belummemiliki fasilitas informasi berupa telephon, internet, papan informasi, kotak saran
·         Madrasah kamibelummenugaskan seorang guru / tenaga kependidikan untuk melayani permintaan informasi, pemberian informasi, pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan Madrasah.
·         Madrasah kami belummencatat dan didokumentasikan semua informasi dari masyarakat.
·         Madrasah kami perlumemiliki fasilitas informasi berupa telephon, internet, papan informasi, kotak saran
·         Madrasah kamiperlumenugaskan seorang guru / tenaga kependidikan untuk melayani permintaan informasi, pemberian informasi, pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan Madrasah.
·           Madrasah kami perlumencatat dan didokumentasikan semua informasi dari masyarakat


·         Madrasah kami belummenyusun program pemberdayaan Pendidik dan Tanaga Kependidikan.
·         Madrasah kami belummendukung kebijakan dinas dalam memberdayakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
·         Madrasah kami belummenyusun / memiliki deskripsi tugas pokok dan fungsi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
·         Madrasah kamibelummemfasilitasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk pengembangan profesinya.
·         Madrasah kami belummengevaluasi pelaksanaan program pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan setiap akhir semester.
·         Madrasah kami perlumenyusun program pemberdayaan Pendidik dan Tanaga Kependidikan.
·         Madrasah kami perlumendukung kebijakan dinas dalam memberdayakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
·         Madrasah kami perlumenyusun / memiliki deskripsi tugas pokok dan fungsi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
·         Madrasah kami perlumemfasilitasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk pengembangan profesinya.
·         Madrasah kami perlumengevaluasi pelaksanaan program pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan setiap akhir semester.

·         Madrasah kami belummenyusun program pengawasan terhadap Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan.
·         Madrasah kami belummensosialisasikan program pengawasan kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
·         Komite Madrasah kami belummelakukan pemantauan terhadap pengelolaan Madrasah
·         Kepala Madrasahbelummelaksanakan supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik
·         Pengawas Madrasahbelummelaksanakan supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik
·         Pengawas Madrasahbelummelaporkan hasil supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik kepada Madrasah.
·         Madrasah kami perlumenyusun program pengawasan terhadap Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan.
·         Madrasah kami perlumensosialisasikan program pengawasan kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
·         Komite Madrasah kami perlumelakukan pemantauan terhadap pengelolaan Madrasah
·         Kepala Madrasahperlumelaksanakan supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik
·         Pengawas Madrasahperlumelaksanakan supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik
·         Pengawas Madrasahperlumelaporkan hasil supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik kepada Madrasah.


·         Madrasah kami belummemiliki program keterlibatan warga Madrasah dalam pengelolaan kegiatan akademik dan non akademik.
·         Madrasah kami belummelibatkan semua warga Madrasah dalam pengelolaan akademik.
·         Madrasah kami belummelibatkan semua warga Madrasah dalam pengelolaan nonakademik.

·         Madrasah kami  perlumemiliki program keterlibatan warga Madrasah dalam pengelolaan kegiatan akademik dan non akademik.
·         Madrasah kami perlumelibatkan semua warga Madrasah dalam pengelolaan akademik.
·         Madrasah kami perlumelibatkan semua warga Madrasah dalam pengelolaan nonakademik.


·         Madrasah kami belummemiliki program pelibatan masyarakat dalam pengelolaan kegiatan non akademik.
·         Madrasah kami perlu memiliki program pelibatan masyarakat dalam pengelolaan kegiatan non akademik.
7.    Standar Pembiayaan
Madrasah kami belum melibatkan komite dalam menyusun RAPBS/RKAS
Madrasah kami perlu melibatkan komite dalam menyusun RAPBS/RKAS
·        RAPBS Madrasah kami sudahdiketahui/disahkan oleh pemerintah.
·        Madrasah kami dalam menyusun RAPBS belum melibatkan orangtua peserta didik/penyandang dana.

·        RAPBS Madrasah kami perludiketahui/disahkan oleh pemerintah.
·        Madrasah kami dalam menyusun RAPBS perlu melibatkan orangtua peserta didik/penyandang dana.


Madrasah kami belummengumumkan  rencana pengelolaan keuangan  kepada pemangku kepentingan
Madrasah kami perlu mengumumkan  rencana pengelolaan keuangan  kepada pemangku kepentingan

Madrasah kami belummelaporkan pengelolaan keuangan kepada masyarakat.
Madrasah kami perlu melaporkan pengelolaan keuangan kepada masyarakat

·         Madrasah kami belummenyusun pengembangan kewirausahaan.
·         Madrasah kami belummenyelenggarakan kegiatan kewirausahaan.
·         Madrasah kami belummengidentifikasi sumber dana dan donatur
·         Madrasah kami belummenyusun proposal penggalian dana
·         Madrasahkami perlu mengusahakanmenyusun pengembangan kewirausahaan.
·         Madrasahkami perlu mengusahakan menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan.
·         Madrasahkami perlu mengusahakanmengidentifikasi sumber dana dan donatur
·         Madrasahkami perlu mengusahakanmenyusun proposal penggalian dana


·         Madrasah kami belummengidentifikasi Dunia Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility)
·         Madrasah kami belummenyusun proposal penggalian dana ;
·         Madrasah kami belummelakukankegiatan dengan melibatkan DUDI
·         Madrasahkami perlu mengusahakanmengidentifikasi Dunia Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility)
·         Madrasahkami perlu mengusahakanmenyusun proposal penggalian dana ;
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmelakukan kegiatan dengan melibatkan DUDI

·         Madrasah kami belummemiliki wadah / organisasi alumni.
·         Madrasah kami belummempunyai program kegiatan yang melibatkan alumni.
·         Madrasah kami belummemanfatkan sumberdaya alumni .
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmemiliki wadah / organisasi alumni.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmempunyai program kegiatan yang melibatkan alumni.
·         Madrasah kami perlu mengusahakanmemanfatkan sumberdaya alumni .

·         Madrasah kami belummenerima siswa yang berkebutuhan khusus.

·         Madrasah kami perlu mengusahakanmenerima siswa yang berkebutuhan khusus.


·         Madrasah kami belum melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi
·         Madrasah kami perlu melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi
8. Standar Penilaian
·         Madrasah kami dalam penyusunan instrumen penilaian belum memenuhi persaratan substansi, kontruksi dan bahasa
·         10 dari 13 guru belum menyusun instrumen penilaian

·         Madrasah kami dalam penyusunan instrumen penilaian belum memenuhi persaratan substansi, kontruksi dan bahasa
·         10 dari 13 guru belum menyusun instrumen penilaian

·         Semua pendidik diMadrasah kami belummenginformasikan rubrik penilaian kepada peserta didik

·         Semua pendidik diMadrasah kami belummenginformasikan rubrik penilaian kepada peserta didik


·         GurudiMadrasah kami sudahmelaksanakan Ulangan Harian secara periodi, Ulangan tengah semester, Ulangan Akhir semester,dan Ulangan Kenaikan Kelas.
·         Madrasah kami sudahmelaksanakan Ujian Madrasah dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional.
·         Guru telah mengevaluasi hasil perkembangan peserta didik dan melaksanakan 1 KD atau lebih dalam KBM
·         madrasah kami perlu mempertahankan guru yang sudah melaksanakan rencana yang telah dibuat madrasah

  • Semua pendidik belummenerapkan teknik observasi atau pengamatan selama pembelajaran berlangsung dan/atau di luar kegiatan pembelajaran.
  • 10 dari 13 guru belum menerapkan teknik penugasan baik secara mandiri maupun kelompok dalam bentuk tugas rumah/proyek

  • Semua pendidik perlu menerapkan teknik observasi atau pengamatan selama pembelajaran berlangsung dan/atau di luar kegiatan pembelajaran.
  • 10 dari 3 guru perlu menerapkan teknik penugasan baik secara mandiri maupun kelompok dalam bentuk tugas rumah/proyek
·          

·         Semua pendidik belummemberi umpan balik/komentar yang mendidik terhadap hasil penilaian.
·         10 dari 13 guru sudah memberikan umpan balik

·         Semua pendidik perlumemberi umpan balik/komentar yang mendidik terhadap hasil penilaian.
  • 10 dari 13 guru perlu memberikan umpan balik

·         SebagianGurudiMadrasah kami belummelaksanakan perbaikan dan pengayaan berdasarkan hasil analisis hasil penilaian.
·         SebagianGurudiMadrasah kami perlumelaksanakan perbaikan dan pengayaan berdasarkan hasil analisis hasil penilaian.

·         Semua guru belum mendeskripsikan hasil penilaian peserta didik

·         Semua guru perlu mendeskripsikan hasil penilaian peserta didik


·         Orang tua peserta didik belum menganalisa laporan hasil belajar dri madrasah

·         Orang tua peserta didik perlu menganalisa laporan hasil belajar dri madrasah











RENCANA ANGGARAN DAN KEGIATAN MADRASAH (RKAM)
TAHUN ANGGARAN 2016
Madrasah                  : MI. .................
Desa / Kec.                : ................. / .................
Kabupaten                : .................
Periode                      : Semester II
Bulan                         : Juli s/d Desember 2016
SUMBER DANA
PENGGUNAAN
No. Urut
No. Kode
Uraian
 Jumlah
No. Urut
No. Kode
Uraian
 Jumlah
I.
1
SISA BULAN LALU
                     36,898
I.
1
PROGRAM SEKOLAH

II.
2
PENDAPATAN RUTIN


1.1
Pengembangan Kompetensi Kelulusan
1,250,000

2.1
Gaji PNS


1.2
Pengembangan Standar Isi
1,475,000

2.2
Gaji Pegawai Tidak Tetap


1.3
Pengembangan Standar Proses
2,005,000

2.3
Belanja Barang dan Jasa


1.4
Pengembangan Pendidik/Tenaga Kependidikan
11,400,000

2.4
Belanja Pemeliharaan


1.5
Pengembangan Sapras Sekolah
1,952,000

2.5
Belanja Lain-lain


1.6
Pengembangan Standar Pengelolaan
1,016,000
III.
3
BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH


1.7
Pengembangan Standar Pembiayaan
1,380,000

3.1
BOS Pusat 56 siswa @ Rp. 400.000,-
               22,400,000

1.8
Pengembangan dan Implementasi Sistem
1,922,000

3.2
BOS Provinsi



Penilaian


3.3
BOS Kabupaten

II
2
BELANJA LAINNYA

IV.
4
BANTUAN


2.1



4.1
Dana Dekonsentrasi


2.2



4.2
Dana Tugas Pembantuan


2.3



4.3
Dana Alokasi Khusus






4.4
Lain-lain





V.
5
PENDAPATAN ASLI SEKOLAH






5.1








JUMLAH PENERIMAAN
            22,436,898


JUMLAH PENGELUARAN
            22,400,000



Ketua Komite




..................................
Menyetujui
Kepala




..................................
Dibuat oleh:
Bendahara




..................................


BAB VI
PENUTUP


A.   Kesimpulan
1.    Rencana Kerja Madrasah (RKM) disusun dengan berbasis data yang diperoleh dari Evaluasi Diri Madrasah (EDM) untuk kurun waktu 4 tahun ke depan.
2.    Pada implementasinya disusun rencana kerja tahunan (RKT) beserta Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM)
3.    Rencana kerja Madrasah mencakup 8 standar nasional, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standa pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan sarana, standar pengelolaan, dan standar penilaian.

B.   Saran
1.    Untuk menjamin keterlaksanaan Rencana Kerja Madrasah dan RKT beserta RKAM diharapkan data awal yang diperoleh dari Evaluasi Diri Madrasah (EDM) harus akurat, artinya EDM harus diisi seperti kondisi sesungguhnya dan gunakan prinsip tidak ada dusta.
2.    Rencana Kerja Madrasah (RKM) yang ditindaklanjuti Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) yang didalamnya memuat Rencana Kerja Tahunan (RKT), baru tersusun untuk tahun pertama.  Diharapkan setelah masuk tahun kedua, Tim Pengembang Madrasah segera menyusun Rencana Kerja Tahunan dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) untuk tahun kedua.
3.    Pengembangan tujuan Madrasah untuk empat tahun kedepan yang mencakup standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolan, standar pembiayaan dan standar penilaian perlu  memadukan kondisi Madrasah awal tahun penyusun RKM dengan visi dan misi Madrasah. 


0 komentar:

Posting Komentar

 

Assalamualaikum Template by Ipietoon Cute Blog Design