Tugas Administrasi Pendidikan Luluk

Jumat, 08 Desember 2017

Text 5 - Tata cara melakukan wudhu

Mereka yang bermaksud untuk melakukan wudhu, harus melakukan dengan cara berikut:

Niat seharusnya dilakukan didalam hati untuk melakukan wudhu sebagai tindakan kepatuhan terhadap Allah dan mencari keridhaan-Nya
Kemudian orang tersebut harus menyebut nama Allah (Bissmillah) diawal melakukan wudhu
Tangan-tangannya harus dicuci 3x pada awal wudhu, membersihkan sela jari-jari.
Selanjutnya seseorang harus berkumur dan menghirup air kedalam hidung dan meniupnya keluar dengan satu tangan penuh air jika mungkin.
Seluruh wajahnya harus dicuci setidaknya sekali dari bagian atas kening sampai bagian bawah dagu dan dari telinga
Kemudian lengan-lengannya harus dicuci dari tangan-tangan dan dilanjutkan naik sampai (dan termasuk) siku-sikunya. Lengan kanan harus dicuci dulu, kemudian yang kiri. 
Kemudian orangnya harus membilas kepalanya dengan melewatkan tangan-tangannya yang basah dari bagian depan kening hingga belakang garis rambut, dan kemudian kembali kedepan rambut dimana dia mulai. Kemudian dengan air yang tersisa di tangan-tangannya setelah membilas kepalanya, orang tersebut harus membersihkan telinga-telinga dalam dan luar, meletakkan jempol dibelakang telinga-teinganya
Akhirnya kaki-kakinya harus dicuci, mulai dari yang kanan pergelangan kaki dan tumit-tumit, dan membersihkan antar jari kaki dengan jari kelingking. Hal ini sebaiknya seharusnya menjaga urutan yang disebutkan diatas sesuai urutan. Hal ini juga untuk melakukan wudhu tanpa interupsi panjang apapun diwaktu anatara setiap langkah. Disunnahkan untuk membersihkan atau menyikat gigi sebelum mulai ritual wudhu dan sholat. Dianjurkan juga untuk mengulangi membersihkan berbagai bagian tubuh yang dibasuh selama wudhu 2 atau 3x masing-masing. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah membasuh kepala dan membersihkan telinga. Bagaimanapun kewajibannya adalah membersihkan setiap bagian sekali, dan tidak lebih dari 3x masing-masing. Mulai dari sisi kanan ketika membilas tangan-tangan dan kaki-kaki selama wudhu dianjurkan juga dianjurkan membaca doa berikut setelah mengakhiri tindakan wudhu: 
“Ash-hadu an laa ilaaha illallaahu Wall-dahu laa shareeka Lahu, wa ash-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuluhu. Allahum-maf alnii min attawwaabina , wafalni min-al-muta-tahhiriin.”
(yang artinya: saya bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Allah semata, yang tidak memiliki sekutu, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah abdi dan utusan-Nya. Wahai Allah jadikanlah kami diantara orang-orang yang berbalik kepadamu dalam taubat, dan diantara orang-orang yang mensucikan diri mereka.)  

0 komentar:

Posting Komentar

 

Assalamualaikum Template by Ipietoon Cute Blog Design